Perangkat Input Komputer

Perangkat Input Komputer – Dalam komputasi, perangkat input adalah peralatan yang digunakan untuk memberikan data dan sinyal kontrol ke sistem pemrosesan informasi seperti komputer atau alat informasi.

Contoh perangkat input termasuk keyboard, mouse, pemindai, kamera, joystick, dan mikrofon. taruhan bola

Berikut adalah beberapa perangkat input penting yang digunakan di komputer:

  • Keyboard
  • Mouse
  • Joy Stick
  • Light Pen
  • Track Ball
  • Scanner
  • Graphic Tablet
  • Microphone
  • Magnetic Ink Card Reader (MICR)
  • Optical Character Reader (OCR)
  • Bar Code Reader
  • Optical Mark Reader

Keyboard

Keyboard adalah perangkat input paling umum dan sangat populer yang membantu memasukkan data ke komputer. Tata letak keyboard seperti mesin tik tradisional, meskipun ada beberapa tombol tambahan yang disediakan untuk menjalankan fungsi tambahan. americandreamdrivein.com

Keyboard terdiri dari dua ukuran 84 tombol atau 101/102 tombol, tetapi sekarang keyboard dengan 104 tombol atau 108 tombol juga tersedia untuk Windows dan Internet.

Mouse

Mouse adalah alat penunjuk paling populer. Ini adalah perangkat kontrol kursor yang sangat terkenal yang memiliki kotak seukuran telapak tangan kecil dengan bola bundar di dasarnya, yang merasakan pergerakan mouse dan mengirimkan sinyal yang sesuai ke CPU saat tombol mouse ditekan.

Umumnya, ia memiliki dua tombol yang disebut tombol kiri dan kanan dan sebuah roda ada di antara tombol-tombol tersebut. Mouse dapat digunakan untuk mengontrol posisi kursor di layar, tetapi tidak dapat digunakan untuk memasukkan teks ke dalam komputer.

Keuntungan

  • Mudah digunakan
  • Tidak terlalu mahal
  • Memindahkan kursor lebih cepat dari tombol panah pada keyboard.

Joystick

Joystick juga merupakan perangkat penunjuk, yang digunakan untuk memindahkan posisi kursor pada layar monitor. Ini adalah tongkat yang memiliki bola bulat di kedua ujung bawah dan atasnya. Bola bola bagian bawah bergerak dalam soket. Joystick dapat digerakkan ke empat arah.

Fungsi joystick mirip dengan mouse. Ini terutama digunakan dalam Computer Aided Designing (CAD) dan bermain game komputer.

Light Pen

Light Pen adalah alat penunjuk yang mirip dengan pena. Ini digunakan untuk memilih item menu yang ditampilkan atau menggambar pada layar monitor. Ini terdiri dari fotosel dan sistem optik yang ditempatkan dalam tabung kecil.

Ketika ujung pena lampu dipindahkan ke atas layar monitor dan tombol pena ditekan, elemen penginderaan fotosel mendeteksi lokasi layar dan mengirimkan sinyal yang sesuai ke CPU.

Track Ball

Track ball adalah perangkat input yang banyak digunakan di komputer notebook atau laptop, bukan mouse. Ini adalah bola yang setengah dimasukkan dan dengan menggerakkan jari pada bola, penunjuk dapat digerakkan.

Karena seluruh perangkat tidak digerakkan, track ball membutuhkan lebih sedikit ruang daripada mouse. Bola trek hadir dalam berbagai bentuk seperti bola, tombol, atau persegi.

Scanner

Scanner adalah perangkat input, yang bekerja lebih seperti mesin fotokopi. Ini digunakan ketika beberapa informasi tersedia di atas kertas dan akan ditransfer ke hard disk komputer untuk manipulasi lebih lanjut.

Scanner menangkap gambar dari sumber yang kemudian diubah menjadi bentuk digital yang dapat disimpan di disk. Gambar-gambar ini dapat diedit sebelum dicetak.

Digitizer atau Graphic Tablet

Digitizer adalah perangkat input yang mengubah informasi analog menjadi bentuk digital. Digitizer dapat mengubah sinyal dari televisi atau kamera menjadi serangkaian angka yang dapat disimpan di komputer. Mereka dapat digunakan oleh komputer untuk membuat gambar dari apa pun yang diarahkan kamera.

Digitizer juga dikenal sebagai Tablet atau Tablet Grafik karena mengubah grafik dan data bergambar menjadi input biner. Tablet grafis sebagai digitizer digunakan untuk pekerjaan menggambar dan aplikasi manipulasi gambar.

Microphone

Mikrofon merupakan alat input untuk memasukkan suara yang kemudian disimpan dalam bentuk digital.

Mikrofon digunakan untuk berbagai aplikasi seperti menambahkan suara ke presentasi multimedia atau untuk mencampur musik.

Magnetic Inck Card Reader

Perangkat input MICR umumnya digunakan di bank karena ada banyak cek yang harus diproses setiap hari. Nomor kode bank dan nomor cek dicetak pada cek dengan jenis tinta khusus yang mengandung partikel bahan magnet yang dapat dibaca mesin.

Proses pembacaan ini disebut Magnetic Ink Character Recognition (MICR). Keuntungan utama MICR adalah cepat dan tidak terlalu rentan terhadap kesalahan.

Optical Character Reader

OCR adalah perangkat input yang digunakan untuk membaca teks yang dicetak.

OCR memindai teks secara optik, karakter demi karakter, mengubahnya menjadi kode yang dapat dibaca mesin, dan menyimpan teks pada memori sistem.

Bar Code Reader

Bar Code Reader adalah perangkat yang digunakan untuk membaca data berkode bar (data berupa garis terang dan garis gelap). Data kode batang umumnya digunakan dalam pelabelan barang, penomoran buku, dll. Bisa berupa pemindai genggam atau mungkin saja tempat tidur di pemindai stasioner.

Pembaca Kode Batang memindai gambar kode batang, mengubahnya menjadi nilai alfanumerik, yang kemudian diumpankan ke komputer tempat pembaca kode batang tersambung.

Optical Mark Reader

OMR adalah jenis pemindai optik khusus yang digunakan untuk mengenali jenis tanda yang dibuat dengan pena atau pensil. Ini digunakan di mana satu dari sedikit alternatif akan dipilih dan ditandai.

Ini khusus digunakan untuk memeriksa lembar jawaban ujian yang memiliki pertanyaan pilihan ganda.

Lloyd Edwards

Back to top